Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat

Posted By : Unilak Admin

Profil

Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Lancang Kuning Pekanbaru 2017
 
 
LPPM yang bertempat di Gedung Perpustakaan Lantai III Universitas Lancang Kuning, Jl. Yos Sudarso Km. 8. Rumbai Telp/Fax. (0761) 53353 dan dapat diakses langsung di official website LPPM http://www.lppm.unilak.ac.id
Pada awal pendiriannya LPPM terdiri dari Pusat Penelitian dan Pusat Pengabdian Masyarakat masing-masing berdiri sendiri. Setelah diterbitkannya Surat Keputusan Rektor Nomor: 002/PTS.X.41R/G.19/2000, Pusat Penelitian dan Pusat Pengabdian Masyarakat digabung menjadi satu dan bernama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Lancang Kuning.
Saat ini LPPM Universitas Lancang Kuning mengemban amanah untuk mengelola dua dharma dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu kegiatan penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Pelaksanaan kedua dharma ini muaranya adalah untuk menghasilkan sebesar-besarnya manfaat bagi semua lapisan masyarakat, melalui pendekatan-pendekatan akademis yang relevan dengan permasalahan pembangunan di lapangan. Dengan amanah yang diembannya, LPPM memiliki peran strategis untuk mewujudkan insan unggul, riset yang handal dan inovatif, serta program-program pengabdian kepada masyarakat yang dapat membantu pemecahan masalah masalah di lapangan.
Dalam upaya memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi, LPPM dituntut untuk mampu maju ke depan, mengkoordinir, memacu dan mensinergikan SDM yang ada untuk mendayagunakan kepakarannya melalui kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat. Pemecahan masalah maupun peningkatan capaian target pembangunan, selain membutuhkan sinergi, juga membutuhkan sistem perencanaan yang baik.
LPPM Universitas Lancang Kuning saat ini telah memiliki Rencana Strategis (Renstra) Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2016-2010, dimana di dalamnya terdapat roadmap, kluster, bidang-bidang unggulan, tema dan program-program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Akhirnya, seiring dengan cepatnya dinamika perkembangan global, maka LPPM Universitas Lancang Kuning harus senantiasa berbenah dan memacu diri untuk menjadi salah satu lembaga yang berkualitas dan dapat dibanggakan oleh masyarakat Riau. Berbagai program peningkatan kualitas SDM penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, perluasan jejaring kerjasama, Perbaikan sistem administrasi dan informasi, serta pemenuhan sarana prasarana secara terus menerus dilakukan.
 
Visi :
Menjadi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat unggul di tingkat nasional berlandaskan budaya melayu.
 
Misi :
1. Melakukan penelitian dalam rangka menumbuh kembangkan IPTEKS dan budaya
2. Melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka menyebar luaskan IPTEKS dan budaya
3. Menjalin kemitraan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian,
dan pengabdian kepada masyarakat
4. Melakukan diseminasi dan publikasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
 
TUJUAN :
1. Mengembangkan manajemen Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dalam struktur organisasi Universitas yang otonom dan manajemen yang sehat;
2. Mengembangkan kualitas dan kuantitas Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat untuk mendukung pencapaian visi yang mampu melintas wilayah nasional, meningkatkan atmosfir akademik dan program internasionalisasi, serta daya saing nasional; LPPM Universitas Lancang Kuning
3. Meningkatkan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang diarahkan kepada pengembangan, pemanfaatan, penuntasan permasalahan, terutama yang berkaitan dengan pengembangan sumberdaya manusia, sumber daya alam, sumberdaya hayati dan kelautan, teknologi, budaya, dan sosial kemasyarakatan;
4. Memberikan pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat untuk meningkatkan relevansi pendidikan, penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.
 
Untuk Info selanjutnya, bisa Email : lppm@unilak.ac.id

Rapat LPPM