Dosen Pemuncak Sinta Akan Diberi Reward

Dosen Pemuncak Sinta Akan Diberi Reward Teks foto: Wakil Rektor I Dr Junaidi M.Hum (Tengah) memberikan arahan dalam sambutan dalam pelatihan Sinta di Fakulas Teknik Unilak

Dalam rangka mengoptimalisasikan penggunaan akun Sinta (Science Index and Technology) dikalangan dosen Universitas Lancang Kuning (Unilak). Tim Sinta Unilak mengadakan Roadshow pelatihan pengoptimalisasikan penggunaan Sinta di 9 Fakultas yang ada di lingkungan Unilak. Pelatihan ini digelar di ruang Rapat Fakultas Teknik pada Kamis (18/4).

Tujuan diadakannya pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas dosen dalam memasukkan artikel penelitian dan pengeabdian dalam jurnal yang berakreditasi.

Turut hadir dalam acara pelatihan ini Wakil Rektor I Unilak Dr.Junaidi.M.Hum, Wakil Dekan II Fakultas Teknik Abrar Tanjung ST MT, dan seluruh Tim Sinta Unilak.

Wakil Rektor I Unilak yang membuka pelatihan ini dalam sambutannya mengatakan pagi ini kita mengadakan in house training untuk akses akun Sinta. Harapan saya semua dosen Unilak nantinya mempunyai akun Sinta ini tidak hanya punya tetapi mengupdate karya - karyanya ke Sinta. Ini sangat penting bagi kita, karena kalau kita baca buku penelitian pedoman pengabdian versi 12 itu tegas dikatakan dosen yang boleh mengajukan penelitian dan pengabdian salah satu syaratnya ialah memiliki akun Sinta.

“Nantinya akan ada reward bagi dosen yang menjadi pemuncak di Sinta. Reward ini sebagai bentuk motivasi untuk dosen – dosen untuk mengupdate dan memasukkan artikel penelitian ke dalam akun Sinta masing – masing” ujar Dr. Junaidi M.Hum.

Sementara itu Wakil Dekan II Teknik yang mewakili Dekan sangat berharap acara ini dapat berjalan lancar dan semua dosen teknik bisa menggunakan sistem Sinta.

“kami sangat berharap dengan adanya pelatihan ini khususnya untuk dosen – dosen Fakultas Teknik dapat menambah pemahaman kami dalam mengakses Sinta dan semakin mahir untuk mengupdate artikel – artikel penelitian. Hal ini agar para dosen mempunyai indeks di Sinta Score dan Google Scholar yag dapat meningkatkan kualitas perguruan tinggi.” Ujar Abrar Tanjung ST MT.

Sebagai narasumber dalam pelatihan ini Budianto Hamuddin, M.Esl yang berasal dari FKIP Unilak juga menegaskan bahwa dengan diadakannya pelatihan ini untuk memotivasi dan mengajak dosen – dosen Unilak agar lebih giat untuk mempublikasikan penelitian yang bisa meningkatkan h-index maupun Sinta skor dosen yang berimbas pada peningkatan ranking Sinta Unilak.

Fakultas Teknik merupakan fakultas kedua yang dikunjungi  oleh tim Sinta Unilak setelah fakultas ekonomi dalam roadshow yang memberikan pelatihan dan sosialisasi Sinta. Sebanyak 34 dosen Fakultas Teknik Unilak mengikuti pelatihan ini.


Baca Juga



Tulis Komentar