Study Visit ke Malaysia Mahasiswa Magister Hukum Unilak Disambut Antusias

Selasa,14 Nov 2017 - 02:52:pm WIB | Posted By : Unilak Admin

Unilak- Program Studi Magister Hukum Universitas Lancang Kuning melakukan kegiatan study visit ke Kuala Lumpur Malaysia, tanggal 11-14 November 2017 lalu. Sebanyak 37 mahasiswa dan 2 dosen pendamping, yang dipimpin oleh ketua Program Studi Magister Ilmu Hukum Universitas Lancang Kuning, Dr. Ardiansah, SH, MAg, MH, melakukan kunjungan ke Kuala Lumpur Regional Centre for Arbitration, Mahkamah Persekutuan Malaysia, dan beberapa tempat lainnya. Rombongan mahasiswa Magister Hukum Unilak mengawali kunjungan ke Kuala Lumpur Regional Centre for Arbitration. Wakil Ketua Kuala Lumpur Regional Centre for Arbitration (KLRCA), Mr. Huganeswaran Veerasagram menyambut antusias kedatangan rombongan mahasiswa Magister Hukum Unilak. Beliau memberikan sambutan dan pemaparan tentang sejarah pendirian KLRCA, mekanisme penyelesaian sengketa, dan sebagainya. Dilanjutkan dengan tanya jawab tentang independensi KLRCA, proses persidangan, rekrutman arbiter dari berbagai negera, upaya hukum pembatalan putusan arbirase, dan sebagainya. Selama kunjungan mahasiswa diajak melihat langsung ruang persidangan, ruang arbitrer, ruang perpustakaan, dan lain-lain. Kunjungan diakhiri dengan penyerahan cenderamata.

Rombongan melanjutkan kunjungan ke Mahkamah Persekutuan Malaysia. Saat kunjungan disambut oleh 2 Pengurus Undang-Undang dengan ramah. Tuan Azrin menjelaskan hierarki peradilan yang berlaku di Malaysia, perbedaan mahkamah sivil dan mahkamah syariah, proses persidangan di mahkamah persekutuan, dan sebagainya. Setelah itu rombongan dibawa ke ruang persidangan utama. Di dalam ruang persidangan terdapat ruang tahanan sementara. Rombongan tidak diperbolehkan mempergunakan kamera untuk mengambil foto. Seterusnya rombongan dibawa ke museum, perpustakaan, dan tempat lainnya. Kunjungan inipun diakhiri dengan penyerahan cenderamata oleh rombongan mahasiswa Magister Hukum Unilak.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Program Studi Magister Ilmu Hukum Universitas Lancang Kuning, Dr. Ardiansah, SH, MAg, MH, mengatakan bahwa study visit merupakan program akademik yang rutin dilakukan setiap semester. Study visit menjadi bagian pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan keilmuwan mahasiswa pascasarjana. Dr. Ardiansah menambahkan bahwa study visit yang berlangsung selama 4 hari berjalan dengan lancar dan sukses. Mahasiswa memperoleh berbagai informasi mengenai sistem hukum, proses persidangan, dan sebagainya. Upaya peningkatan kualitas keilmuwan mahasiswa merupakan visi Unilak Unggul 2030 yang berlandasarkan Budaya Melayu.

Selain itu, mahasiswa juga mendapat wawasan yang luas dalam penerapan sistem hukum yang berbeda antara Indonesia dan malaysia. Sebagaimana kita ketahui bahwa Kerajaan Malaysia sebagai bagian dari Negara-negara Comenwell Inggris lebih berkiblat pada sistem hukum Common Law yang berbeda dengan sistem hukum di Indonesia yang merupakan warisan Belanda dengan sistem hukum civil law. Menurut Dr. Ardiansah, hal ini penting mengingat kita dapat melihat langsung praktisi hukum yang bekerja di Kerajaan Malaysia dengan segala sistem hukum yang mereka pakai.