Unilak Raih Prestasi Gemilang dalam Penelitian dan Pengabdian dari Kemenristek Dikti Tahun 2017

Sabtu,07 Januari 2017 - 10:20:am WIB | Posted By : Unilak Admin

Pekanbaru (unilak.ac.id), 6 Januari 2017. Unilak meraih prestasi gemilang pada awal tahun 2017 dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat. Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi meluluskan sebanyak 48 usulan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dosen Unilak berdasarkan Surat Direktorat Riset dan Pengembangan (DPRM) Nomor 025/E3/2017 tanggal 6 Januari 2017. Adapun rinciannya sebagai sebagai berikut: Skema Produk Penelitian Terapan (PPT) 13, Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi (PUPT) 1, Penelitian Dosen Pemula (PDP) 28, Penelitian Disertasi Doktor (PDD) 2, Iptek bagu Wilayah dan CSR (IbW-CSR) 1, dan Iptek bagi Desa Mitra (IbDM) 1. Dr. Eno Swarno, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unilak mengungkapkan rasa syukur dan kegembiraannya atas prestasi yang diraih Unilak. “Ini adalah prestasi yang sangat gemilang dan ini membuktikan bawa dosen-dosen Unilak memiliki daya saing yang tinggi dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan dengan jumlah tersebut, Unilak berada pada urutan paling atas di antara perguruan tinggi lain yang termasuk dalam wilayah Kopertis Wilayah X” ungkap Dr. Eno Swarno, MSi.

Unilak memang dari awal telah menyiapkan dosennya agar dapat bersaing dalam meraih hibah penelitian dan pengabdian dari Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi. Rektor Unilak, Dr. Hj. Hasnati, MH menyatakan bahwa berbagai workshop, pelatihan dan bimbingan sengaja disiapkan Unilak untuk melatih dosen dalam melaksanakan program penelitian dan pengabdian. “Prestasi ini menjadi motivasi bagi Unilak untuk terus meningkatkan kualitas dan daya saing dosen sehingga lulusan Unilak pun diharapkan berkualitas dan dapat bersaing pula dalam dunia kerja, ” tambah Dr. Hj. Hasnati, MH. Dr. Junaidi, Wakil Rektor I Unilak lebih lanjut menyatakan bahwa prestasi ini merupakan bukti kuatnya kerjasama berbagai pihak di Unilak untuk terus melakukan pengembangan di Unilak. Selain itu, berbagai kerjasama dengan pihak ektsernal juga semakin meningkatkan prestasi Unilak.

“Kita berharap hasil penelitian dan pengabdian dari dosen Unilak nantinya dapat diaplikasikan di masyarakat dan dipublikasikan pula di jurnal internasional bereputasi,” tambah Dr. Junaidi. Menurut Dr. Junaidi, Unilak saat ini Unilak sedang menyiapkan jurnal terindeks dan intenational conference sebagai wadah untuk publikasi berbagai hasil penelitian yang dilakukan dosen Unilak.