Prodi Teknik Elektro Unilak Studi Lapangan di PLTA Kota Panjang dan PLTA Maninjau

Rabu,04 Januari 2017 - 11:01:am WIB | Posted By : Unilak Admin

Pekanbaru, 15 Desember 2016. Dalam rangka peningkatan wawasan dan pengalaman mahasiswa, Prodi Teknik Elektro Unilak melakukan studi lapangan kedua tempat pembangkit tenaga listrik, yakni PLTA Kota Panjang dan PLTA Manijau. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 15 s/d 17 Desember 2016, dengan jumlah 36 mahasiswa.

Dosen pembimbing kegiatan, Abrar Tanjung, S.T, M.T menyatakan kegiatan ini sangat penting untuk membekali mahasiswa pengetahuan dan praktik pengelolaan listrik di lapangan. “Setelah mengikuti kegiatan ini, para mahasiswa diwajibkan untuk membuat laporan terkait pengamatan langsung di lapangan” ungkap Abrar Tanjung, S.T, M.T selanjutnya, Sekretaris Prodi Teknik Elektro, Elvira Zondra , S.T, M.T menambahkan bahwa kegiatan ini sengaja dirancang untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan mahasiswa tentang pembangkit energi listrik khususnya PLTA. Adapun bagian-bagian penting yang diamati para mahasiswa adalah pembangkit energi listrik, cara pengoperasian pembangkit energi listrik dan prinsip kerja pembangkit energi listrik.

Para mahasiswa yang mengikuti kegiatan sangat senang karena dapat menyaksikan secara langsung bagaimana cara kerja pembangkit tenaga listrik. Mereka mengharapkan kegiatan ini tetap bisa dilanjutkan dan dilakukan di tempat lain. Sedangkan Dr. Junadi, Wakil Rektor I Unilak mengharapkan adanya kerjasama yang berkelanjutan antara Unilak dengan PLTA Kota Panjang dan PLTA Maninjau agar mahasiswa lebih siap memasuki dunia kerja.