FIA Unilak Peringati Hari Anti korupsi Internasional

Senin,12 Desember 2016 - 08:41:pm WIB | Posted By : Unilak Admin

Pekanbaru, 8 Desember 20016. Peringatan Hari Anti Korupsi Internasional yang dilaksanakan pada tanggal 8-10 Desember 2016 di Provinsi Riau menjadi goresan penting bagi mahasiswa Semester III Prodi Administrasi Negara Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Lancang Kuning. Dengan bimbingan Bapak Alexsander Yandra, S.IP, M.Si sebagai pengampu mata kuliah Sistem Politik Indonesia memberikan kuliah lapangan (Field Study) terkait keterlibatan mahasiswa sebagai kekuatan inti pembaharu khususnya dalam preventif terhadap praktik korupsi yang semakin menggurita di negara Indonesia. Pada kesempatan tersebut mahasiswa menghadiri acara seminar & lokakarya yang bertemakan “Ayo Bersama Wujudkan Indonesia Bebas Rusuah”. Kegiatan ini langsung dipelopori oleh KPK dengan menghadirkan Forum Indonesia Transparansi Anggaran (FITRA) Riau di Gedung Dang Merdu Bank Riau Kepri.  

Selanjutnya mahasiswa memproklamirkan bahwa korupsi merusak sendi sendi kehidupan berbangsa dan bernegara di bidang politik, ekonomi, hukum, sosial dan budaya. Oleh karena itu, kami menyatakan Proklamasi Rakyat Indonesia Anti Korupsi : 

1. Kami menolak terhadap segala bentuk dan upaya praktik korupsi di Indonesia 


2.  Kami berkomitmen untuk memerangi korupsi dalam semua aspek kehidupan masyarakat di seluruh Indonesia 

3. Kami mengajak seluruh rakyat Indonesia menjadikan korupsi sebagai musuh bersama yang harus diberantas demi masa depan kehidupan rakyat Indonesia yang lebih baik. 

Proklamasi tersebut bahagian dari penguatan terhadap infrastruktur politik dengan keterlibatkan partisipasi mahasiswa sebagai bahagian penting dalam pengawasan terhadap penyelenggaran pemerintahan yang bebes korupsi juga sesuatu yang amat penting. Sebagaimana dosen pembimbing mata kuliah Bapak Alexsander Yandra mengatakan keterlibatan partisipatif mahasiswa dalam mengawal penyelenggaran pemerintahan sebagai bentuk check and balances, oleh karena itu mahasiswa seharusnya sadar akan peran dan fungsinya sebagai kekuatan poltik (interest group). Mahasiswa harus mampu berkolaborasi dengan berbagai kelompok kepentingan lainnya dalam melwan korupsi (hanya satu kata lawan korupsi di Riau Bumi Melayu Lancang Kuning).

Kegiatan tersebut di koordinir oleh mahasiswa Wan Rizki Putra, beliau mengatakan kegiatan Hari Anti Korupsi International di Riau 8-10 Desember 2016 menjadi pembelajaran bagi kami generasi muda Riau agar jauh dari praktik korupsi dan say no to corruption. Kita sangat mendukung kegiatan ini dan semoga kedepannya kita mahasiswa dilibatkan dalam berbagai agenda pendidikan anti korupsi di Provinsi Riau.