Ket Foto : Rektor Unilak bersama peserta yang mengikuti opening GKMA ke XV

Tetap Kreatif Di Masa Pandemi, Mahasiswa Prodi Arsitektur Unilak Gelar Pameran Arsitektur Secara Vir

Unilak-Dalam situasi Pandemi Covid 19, mahasiswa program studi Arsitektur universitas Lancang Kuning (unilak) menggelar GKMA ke XV (gelar karya mahasiswa arstiktur) tahun 2020. Pelaksanaan GKMA akan berbeda dari tahun tahun sebelumnya yang selalu diadakan di mal/tempat terbuka. Di tahun ini, agar tetap kreatif di saat pandemi, maka GKMA akan diadakan pertama kalinya secara virtual, dengan tema pameran Lanjut Pameran, demikian di sampaikan oleh ketua pelaksana Zulhidayat.

Perlu diketahui GKMA adalah ialah sebuah kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh mahasiswa arsitektur universitas lancang kuning.  Dan pertama kali di gelar di tahun 2002 di Mal Pekanbaru. Kegiatan tersebut merupakan wadah bagi mahasiswa arsitektur untuk mengembangkan kemampuan, dan menampilkan kreatifitas, serta menambah ilmu dan wawasan dibidang arsitektur. Selain itu, GKMA juga merupakan tempat untuk mepererat tali silahturahmi antara sesama mahasiswa arsitektur dan juga alumni. 

"Biasanya Gelar karya mahasiswa di gelar secara langsung namun mengingat dengan merebaknya penyebaran covid-19 yang sudah menjadi pandemi global maka untuk pertama kalinya Gelar Karya Mahasiswa Arsitektur (GKMA) dilaksanakan secara virtual sebagai bentuk adaptasi situasi pandemi covid-19, yang akan dilakukan di tanggal 28 Agustus. Ujar Zulhidayat.

Rangkaian GKMA di awali dengan opening GKMA secara daring, Kamis(30/07/2020) dalam pembukaan ini ada lebih dari 48 perserta yang hadir, dianataranya Rektor Unilak, Dr. Junaidi, ketua yayasan Pendidikan Raja ALi Haji, Prof. Irwan Effendi, wakil dekan II Alfian Saleh ST.MT, wakil dekan III Atmam ST.MT, Kapodi arsitektur Zulfahri.ST.MT, dosen, mahasiswa dan para arsitek Riau dan Indonesia. Dana akan berlanjut hingga akhir Agustus.

Dijelaskanya Zulhidayat, ada banyak kegiatan dalam Gelar Karya Mahasiswa diantaranya pameran virtual yang menampilkan karya-karya mahasiswa arsitektur Universitas Lancang Kuning yang akan dikemas secara menarik dan akan di presentasikan secara virtual. Kemudian WEBINAR, yang akan mengahadirkan pemateri yang berhubungan dengan dunia arsitek yang sudah berpengalaman dan akan menambah wawasan bagi para peserta. Selanjutnya ada kegiatan sayembara dalam skala nasional dan regional.

"Beberapa arsitek nasional dan internasional juga akan hadir diantaranya Andy Rahman yang terkenal dengan karya mesjid Lego dan arsitek dari Malaysia". Tutur Zulhidayat.

Sementara itu Rektor Unilak Dr. Junaidi.SS.M.Hum dalam arahannya mengapresiasi kegiatan GKMA. "Ini bentuk kreativitas mahasiswa dalam kondisi keterbatasan pandemi, kawan-kawan tetap menunjukkan kreatif dan solusinya. Ini kreatifitas tanpa batas, kawan-kawan tidak menyerah, dan menggelar pameran virtual, yang tepat dimulai hari ini.

Dijelaskan Rektor, pameran virtual ini tentunya ada sisi positifnya,dan pameran secara virtual jangkauan online bisa lebih luas, dan global. Ini adalah agenda rutin bagi prodi Arsitektur Unilak. "Kegiatan trus dijaga keberlangsungan kualitas, mungkin kedepan bisa saja kombinasikan online dan offline, ini kreatifitas luar biasa dapat menunjukkan karya secara Global".


Rektor berharap rangkaian kegiatan dan diskusi dari para narasumber nasional dan Internasional, ini dapat mengingatkan kemampuan dan memberikan masukan dalam perkembangan arsitek di dunia khususnya di Riau. "Saya berpesan untuk terus berbagi inovasi yang dapat membantu masyarakat Riau, dengan culture Melayu mungkin bisa di kaji dan dirancang menjadi icon bermakna dengan mengangkat kearifan lokal dan di kembangkan" Harap Rektor.