SOSIALISASI MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI APLIKASI GOOGLE VOICE UNTUK GURU- GURU SLB


SOSIALISASI MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI APLIKASI GOOGLE VOICE UNTUK GURU- GURU SLB

Selasa, 17 Nov 2020, 10:21:17 WIB, 290 View , Kategori : Publikasi

Ket Foto : SOSIALISASI MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI APLIKASI GOOGLE VOICE UNTUK GURU- GURU SLB


Pekanbaru, pada bulan April 2020 yang lalu, Tim Pengabdian  Fakultas Ilmu Komputer, melaksanakan Kegiatan di SLB  Pekanbaru. Tim Ini beranggotakan Ibu Indah Muzdalifah,M.Pd selaku Ketua dan dibantu anggota timnya yaitu Ibu Elvira Asril M.Kom dan seorang mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Prodi Sistem Informasi Lola Amelia Universitas Lancang Kuning.

gbr12

Kegitan ini dilakukan melalui online karena saat itu sedang marak wabah covid 19 yang mengakibatkan segala aktifitas dilakukan dari rumah termasuk kegiatan pengabdian masyarakat kali ini. Kegiatan ini disampaikan melalui materi yang dirangkum dalam bentuk soft data yang kemudian di share ke dalam grup guru – guru SLB Pembina Pekanbaru. Anak berkebutuhan khusus yang ada di SLB Pembina Pekanbaru yang terbanyak adalah anak yang memiliki latar belakang Tuna Grahita atau keterbelakangan mental sebanyak 194 orang anak dengan beragam usia dan tingkat atau level ketidaksempurnaan mental mereka. Anak kebutuhan khusus lainnya yaitu autis yang berjumlah 77 anak, tuna rungu sebanyak 57; tuna daksa sebanyak 17 orang dan tuna netra sebanyak 15 orang. Sehingga total berjumlah 360 anak. Dalam materi ketua pengabdian menjelaskan bahwa anak berkebutuhan khusus pada dasarnya memiliki kelebihan yang bahkan tidak dimiliki oleh anak yang sempurna. Ibu Indah Muzdalifah,M.Pd  juga memberi contoh ABK yang sukses yang sangat terkenal di dunia. Beliau menjelaskan Salah satu contoh penyandang disabilitas di dunia nyata seperti Hee Ah lee gadis dari Korea dikenal sebagai pianis terkenal meskipun hanya memiliki 4 jari. Hee Ah lee terlahir cacat yag terlahir pada tanggal 9 Juli 1985 tersebut hanya memiliki tinggi 103 cm dengan berat badan 33 kg. Sadar akan kekurangan yang dimiliki sang putri, orang tuanya memilih untuk mengembangkan bakat anakya di bidang musik. Hingga saat ini dunia mengenal gadis yang hanya memiliki 4 jari ini sebagai pianis mahir dan terkenal.

gbr13

Contoh lain yang sangat menginspirasi para orang tua yang memiliki anak disabilitas ada disebuah film. Terlepas dari berdasarkan kisah nyata atau tidak, film tersebut menceritakan kenakalan seorang anak laki – laki sekitar umur 10 tahun yang membuat kewalahan orang tuanya dalam mendidiknya. Sampai anak tersebut bertemu dengan guru yang tepat di perankan oleh artis Bolywood terkenal Amir Khan. Dengan menggali potensi anak tersebut ditemukan dia bukan tidak bisa menulis yang mana disetiap huruf yang dia tulis terbalik, setiap tindakan dan perbuatan yang dia buat menjadi masalah.  Dengan didikan dan perlakuan yang tepat ternyata anak tersebut memiliki potensi seni lukis yang berasal dari imajinasinya yang di karuniakan oleh Tuhan sang maha pencipta. Dengan kata lain, apabila anak tersebut tidak bertemu dengan guru yang tepat dan tidak mendapatkan perlakuan yang tepat, mungkin mustahil dia akan menjadi pelukis yang hebat. Barangkali seumur hidupnya hanya akan di buli, disisihkan, di anggap anak yang nakal, susah di atur dan lain sebagainya. Oleh karena itu pentingnya peran orang tua dan guru sangat berpengaruh dalam mendidik anak berkebutuhan khusus.

gbr14

Selanjutnya ibu Elvira menjelaskan bahwa seiring waktu penggunaan mobile device atau perangkat pemeblajara berbasis android meningkat setiap tahunnya.  Pada tahun 2018 perangkat bergerak (mobile device) mencapai 70.13% pangsa pasarnya, dan 64.05% platform perangkat bergerak yang digunakan di Indonesia dikuasai oleh android.  Salah satu aplikasi yang mudah ditemukan di setiap android adalah aplikasi google. Google menawarkan terobosan terbaru dalam proses pengolahan suara masukan pengguna, teknologi ini disebut dengan Google Speech. Aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan oleh anak yang normal dalam mempelajari bahasa namun dirasa juga tepat sebagai alat penyambung penyandang disabilitas khususnya tunarungu dalam berlatih bahasa dan memperkaya vocabulary mereka. Oleh karena itu solusi berupa google voice untuk penyandang ABK khususnnya tuna rungu ini dirasa tepat sebagai media atau alat bantu dalam pembelajaran.  Akhir dari pengabdian ini adalah mensharing video berupa tutorial cara menginstal google voice melalui sosial.



ITC FASILKOM UNILAK GELAR PELATIHAN ONLINE JARINGAN KOMPUTER DAN PROGRAM JAVA BAGI MAHASISWA PENERIMA BEASISWA PEMPROV RIAU TAHUN 2021
Senin, 26 Apr 2021, 14:15:20 WIB, Dibaca : 53 Kali
KOLABORASI FASILKOM DAN FKIP UNILAK LAKSANAKAN PENGABDIAN PEMBUATAN MEDIA AJAR BERBASIS IT KEPADA GURU PAUD
Kamis, 08 Apr 2021, 11:03:34 WIB, Dibaca : 127 Kali
YUDISIUM ANGKATAN XXII FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNILAK
Rabu, 07 Apr 2021, 12:05:30 WIB, Dibaca : 60 Kali

Tuliskan Komentar

Hello!

Klik salah satu customer service kami untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email kepada kami info@unilak.ac.id

Support Customer Service PMB 1
6285349494909
Support Customer Service PMB 2
6285349494919
Hubungi kami dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB
Halo! Apa yang bisa kami bantu?
×
Apa yang bisa saya bantu?