Ket Foto :

Pidato Rektor Unilak di Pengenalan Akademik Mahasiswa Baru 2020

serantang kue bahulu

dihidangkan untuk tetamu

selamat datang mahasiswa baru

di kampus berlandaskan budaya melayu

Unilak- Alhamdulillah… bersyukur kita kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunianya kepada kita semua, sehingga pada hari ini kita bisa mengikuti kegiatan pengenalan akademik mahasiswa baru Universitas Lancang Kuning angkatan 2020-2021.

Yang saya hormati pimpinan, dosen, karyawan, pengurus organisasi mahasiswa, dan mahasiswa baru universitas lancang kuning.

Selamat datang mahasiswa baru universitas lancang kuning angkatan tahun 2020/2021. hari ini kita melaksanakan acara PAMABA atau pengenalan akademik mahasiswa baru. tema utama pamaba kali adalah mewujudkan mimpi di kampus pilihan.

Anda adalah orang-orang pilihan yang telah memutuskan untuk bergabung sebagai mahasiswa di universitas Lancang Kuning. saya selaku rektor universitas Lancang Kuning dan civitas akademika menyambut kedatangan saudara-saudara, dengan tangan terbuka, hati yang tulus dan pikiran yang cernih, untuk mewujudkan mimpi anda menjadi seorang sarjana yang berkontribusi untuk kemajuan diri anda, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. anda kini telah menjadi keluarga besar Unilak.

Anda telah memilih Unilak sebagai kampus untuk belajar, berbagi pengalaman, dan menempa diri, sehingga anda nanti dapat mewujudkan mimpi, impian dan cita-cita anda menjadi orang sukses. ya menjadi orang sukses.

Kami akan mengantar kesuksesan anda, mari kita raih sukses bersama di universitas Lancang Kuning. kuatkan niat, kukuhkan tekad, mantapkan langkah dan  ayunkan tangan untuk bergerak bersama kami di universitas Lancang Kuning. hilangkan rasa malas, rendah diri dan manja. jadilah anda mahasiswa yang tangguh, cerdas, kreatif, innovatif dan memiliki karakter yang kuat dan mulia.

adik-adik mahasiswa baru Unilak! salam sukses untuk anda semua…….

burung Merbah di pokok Manggis

terbang menyusul ke batang buluh

di sinilah kampusnya orang sukses

Unilak unggul dua ribu tiga puluh

 

Dengan mengusung visi  “menjadi universitas unggul di tingkat nasional berlandaskan budaya Melayu” Unilak terus bertransformasi sesuai dengan tren zaman dan keperluan masyarakat dan dunia kerja.

Unilak memiliki visi:

  1. Meningkatkan kualitas pendidikan untuk menghasilkan lulusan kompetitif berskala nasional.
  2. Melakukan penelitian dalam rangka menumbuh kembangkan iptek dan budaya.
  3. Melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka menyebarluaskan iptek dan budaya.
  4. Menjalin kemitraan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan.

Dalam mewujudkan visi dan misi di atas, Unilak berlandasakan tujuh nilai utama, yang digali dari nilai-nilai luhur yang terdapat dalam budaya melayu dan budaya indonesia. setiap insan unilak harus memegang teguh nilai-nilai ini, religius, jujur, visioner, bijaksana, disiplin, bermartabat, kerjasama.

Pilihan anda untuk bergabung di unilak adalah pilihan tepat karena mahasiswa unilak memiliki prestasi yang sangat membanggakan baik secara nasional maupun internasional. beberapa prestasi yang telah diraih sebagai berikut:

  1. Medali emas Sea Games 2019 cabor sepak takraw di Filipina (Rizanov Kurniawan – fekon)
  2. Medali emas cabor renang pada pomnas Jakarta dan Makassar (Vannesa Evato)
  3. Medali emas Asean university games cabor renan
  4. Kampus terbaik bidang prestasi olahraga dari KONI Pekanbaru
  5. Finalis duta bahasa Riau 2020
  6. Juara lomba debat bahasa inggris LLDIKTI X (Yohandytha dipandi-fkip & putri Hosiana-fahukum)
  7. Juara CBL Riau 2019 kategori 5x5 dan 3x3 kategori kampus (tim basket unilak) .
  8. Tempe super a-zaki pemenang dana hibah kbmi kemendikbud ri
  9. Segak lawa unilak 2020

adik-adik sekalian…. mahasiswa baru unilak.

Unilak memiliki keunggulan yang bisa mengantarkan kesuksesan anda:

  1. Berlandaskan budaya Melayu dan tetap menghormati keberagaman budaya dan agama
  2. Memiliki kampus yang hijau dan asri dengan luas lahan 55 hektar di kota pekanbaru.
  3. Saat ini unilak menjadi tempat orang berolah raga sekaligus memperoleh udara yang segar dari pepohan yang terdapat di lingkungan sekitar….
  4. Ada lebih dari 15 beasiswa yang tersedia di unilak
  5. Dan unilak memperoleh beasiswa terbanyak dari pemerintah provinsi riau

Rekan-rekan mahasiswa baru yang saya hormati…..

Saya yakin anda adalah pejuang pendidikan. Meskipun pada hari ini, dunia, Indonesia, dan Riau sedang dilanda pandemi Covid-19, anda tetap meneguhkan asa untuk tetap kuliah di unilak. kita tidak boleh menyerah pada covid-19.

Covid-19 memang menghalangi kita untuk bertatap muka. Tetapi sebagai insan kreatif kita terus bergerak untuk menjalani kehidupan ini dengan berbagai inovasi. unilak terus menguatkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi digital. Buktinya perkuliahan di unilak tetap dilaksanakan dengan mengunakan fasilitas teknologi hari ini. Meskipun pada awal semester ini kegiatan perkuliahan dilaksanakan secara daring, saya yakin bahwa anda semua tetap semangat untuk mengikutinya.

Mari kita berdoa kepada ALLAH SWT, semoga kita segera dapat berinteraksi secara langsung, bertatap muka di unilak. Bila covid-19 telah reda, silahkan datang langsung ke unilak.

Adik-adik sekalian…….. pejuang pendidikan. kami merindukan kedatangan mu di kampus tercinta. we miss you all……..

Salam sukses…..

Selamat mengikuti pengenalan akademik di unilak……

Dengan mengucapkan bismilahirahmanirohim…. saya buka acara pengenalan akademik mahasiswa baru unilak angkatan 2020/2021…….. assalamualaikum ww