Ket Foto :

Hadir Di Sumatera Education dan Techno Expo 2023, 200 Orang Kunjungi Stand Unilak Riau

Unilak Riau - Universitas Lancang Kuning Riau hadir di pameran pendidikan Sumatera Education dan Techno Expo 2023 yang mulai digelar di Hotel Ska Co Ex Rabu- Jumat (1-3/2/2023). Kegiatan edukasi dikemas dalam bentuk pameran dan seni pertunjukan kreatifitas para pelajar tersebut, ditaja oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah X. 

Penyelengaraan Sumatera Education dan Techno Expo 2023 hingga tiga hari kedepan ini didukung Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau. Kemudian, sebanyak 40 kampus baik di Riau, Sumatera dan Indonesia juga turut ambil bagian dalam pameran perguruan tinggi pada acara tersebut. 

"Pendidikan merupakan bagian terpenting dalam membangun bangsa yang berkualitas. Dalam rangka percepatan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknolog hasil-hasil pendidikan harus dapat dimanfaatkan masyarakat secara optimal untuk kepentingan kemanusiaan," kata Kepala LLDIKTI Wilayah X, Afdalisma. 

Dipaparkannya, dukungan pelaksanaan Sumatera Education dan Techno Expo 2023 oleh Disdik Riau dan 40 perguruan tinggi di Sumatera, dan Indonesia, merupakan suatu sinergi yang efektif dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat luas.  Poinnya bagaimana masyarakat membutuhkan informasi aktual tentang perguruan tinggi, khususnya kepada pelajar SMA dan SMK Sederajat. 

Disisi lain, Afdalisma juga menyatakan persaingan antar perguruan tinggi yang kini makin terbuka luas adalah sebuah tantangan. Di mana setiap perguruan tinggi dituntut lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan program studi yang bermutu.

"Kehadiran perguruan tinggi Sumatera dan luar Sumatera ini memberikan inspirasi dan wawasan kepada masyarakat dalam memahami perkembangan perguruan tinggi terkini," ungkap Afdalisma. 

Selama dua hari mengikuti pameran, stand Unilak dikunjungi lebih dari 200 pengunjung dari siswa SMA/sederajat dan para orang tua, satu diantaranya kunjungan dari SMA Ekatama Pekanbaru. Sebanyak 50 siswa hadir untuk melihat stand perguruan tinggi, termasuk Unilak Riau. Ria yang merupakan guru pendamping SMA Ekatama Pekanbaru yang ditemui mengatakan, kita sengaja mengajak siswa kesini untuk membuka wawasan siswa tentang perguruan tinggi.

" Siswa yang tadinya ga ingin kuliah maka datang kesini ada niat untuk kuliah, siswa yang kesini bisa dapat informasi untuk kuliah, tadi ke stand Unilak banyak banget informasi yang didapat, saya juga pengen kuliah S2, rencana ambil di MM atau Magister Pedagogi Unilak. " ucap Ria yang merupakan guru mata pelajaran kesenian ini.

Sementara itu staf Media Promosi Unilak M Akmal Nasri SH MH mengatakan, stand Unilak sejak hari pertama hingga ke dua ramai dikunjungi siswa dan para orang tua. Kepada para pengunjung kita memberikan informasi jurusan dan beasiswa yang ada di Unilak. 

" Saat pameran ini kita juga mengajak mahasiswa penerima beasiswa yaitu Zana dan Manda, mereka berdua merupakan penerima beasiswa, kuliahnya gratis selama empat tahun, gratis sampai wisuda. Mereka kita ajak untuk mengikuti pameran, hal ini dilakukan agar pengunjung bisa langsung bertanya bagaimana tip dan trik kuliah bisa mendapatkan beasiswa.'' Sebut Akmal.