Ket Foto : DOSEN FASILKOM MELATIH SISWA SISWI SEKOLAH MENENGAH ATAS SAINT SIAK SRI INDRAPURA, MEMBUAT APLIKASI BERBASIS ANDROID

DOSEN FASILKOM MELATIH SISWA SISWI SEKOLAH MENENGAH ATAS SAINT SIAK SRI INDRAPURA, MEMBUAT APLIKASI

Sesuai dengan kewajiban dosen untuk melaksanakan tridarma perguruan tinggi, maka pengabdian masyarakat adalah salah satu yang rutin dilakukan oleh seorang dosen. Termasuk dosen Fasilkom Universitas Lancang Kuning, yang baru saja selesai melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat kepada siswa dan siswi di Sekolah Menengah Atas Saint Tahfidz Center Kota Siak Sri Indrapura dengan tema pelatihan membaut aplikasi berbasis android.
Pelatihan teknologi informasi yang ini dilaksanakan oleh tim pelaksana dari Fakultas ilmu komputer UNILAK yang di ketuai oleh Bapak Bayu Febriadi, M.Kom beserta tim Bapak Loneli Costaner, M.Kom dan Bapak Guntoro, M.Kom. dimana pelatihan ini ditujukan kepada para siswa dan siswi angkatan klas I dan II sebagai bekal keterampilan sebelum memasuki ujian nasional.
Pada dasarnya pelatihan ini bagian dari implementasi keilmuan teknologi kepada dunia sosial dengan tujuan memberikan pemahaman perkembangan dunia digital yang berpengaruh kepada social masyarakat yang pada saat ini banyak aktifitasa yang bisa diselesaikan dengan smartphone dengan aplikasi berbasis android. Selain memberikan pemahaman tentang perkembangan dunia digital tim pengabdian juga melatih keterampilan dasar untuk membuat aplikasi berbasis android menggunakan software open source MIT APP INVENTOR. Ketika tim pelaksana bertemu dengan pihak sekolah tepatnya disambut oleh Ustad Toto Prasetyo, Lc dengan baik dan sangat mengapresiasi diadakan nya pelatihan tersebut, dimana pelatihan ini sangat membantu untuk membuka wawasan serta menambah keterampilan siswa/siswi untuk menjadi generasi yang terbaik.
Materi kegiatan pelatihan terangkum dalam modul yang sudah disiapkan oleh tim pelaksana, diawal kegiatan dilakukan pembukaan, kemudian membuka aplikasi app inventor, pengenalan aplikasi app inventor, kemudian peserta langsung praktek menggunkan aplikasi app inventor dengan bantuan komputer dan proyektor untuk mempermudah pelatihan. Penganturan app inventor dibimbing oleh bapak loneli costaner selaku tim ahli dibidang software, kemudian untuk pelatihan dipandu oleh bapak guntoro dengan mempraktekkan materi awal yaitu membuat account app inventor, memasukkan blok blok logika app inventor.
Proses pelatihan dasar ini dilaksanakan pada hari senin tanggal 24 Februari 2029 , mulai pukul 09.00 sd pukul 16.00, dimana peserta sangat bersemangat mengikuti kegiatan pelatihan ini, tampak dari partisipatif peserta dengan mengikuti langkah demi langkah pelatihan dengan baik dan benar hingga selesai. Pelatihan dilaksanakan disekolah SMA Saint Tahfidz Center tepatnya diruang laboratorium komputer dengan dihadiri 30 siswa dan siswi.
Diakhir pelatihan tim pelaksana memberikan modul lengkap untuk petunjuk penggunakan aplikasi tersebut agar bisa dimanfaat dengan baik dan memberikan ruang diskusi kapan saja kepada pihak sekolah jika ada kendala kendala dalam penggunaan aplikasi app inventor, harapan kita semoga pelatihan tersebut dapat membantu menambah keterampilan siswa siswi mengukuti perkembangan teknologi yang mengarah kepada dunia indstri 4.0 untuk mewujudkan generasi generasi yang terbaik dan dalam ilmu pengetahuan.