Ket Foto :

Bawaslu Kota Pekanbaru- FIA Unilak Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024

Unilak Riau - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu Kota) Pekanbaru, Rabu 17 Mei 2023 melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif pemilu 2023. Kegiatan dibuka oleh Anggota Bawaslu Kota Pekanbaru, Yasrib Yakub Tambusai mengatakan acara ini wujud dari Memorandum of Agreement antara Bawaslu Pelambatan dengan FIA Unila. 

"Pengawasan dalam pemilu perlu dilakukan karena terkait dengan pemimpin kedepan. Ini adalah hal penting yang tidak boleh diabaikan. Maka perlu dilakukan sosialisasi kepada mahasiswa agar juga bisa terlibat," katanya.

Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Lancang Kuning Pekanbaru, Alexsander Yandra MSi, mengatakan mahasiswa perlu menjadi pilar demokrasi. Kita tidak hanya terlibat dalam pengawasan langsung tapi juga tidak langsung. 

"Kita sebagai generasi digital, gadget, trend berkembang saat ini angka partisipasi naik diikuti angka pelanggaran pemilu. Maka perlu kolaborasi Bawaslu dan perguruan tinggi mengatasinya, " ajak Alexsander. 

Ketua Bawaslu Provinsi Riau, Alnofrizal SE MIkom, dalam kesempatan ini mengajak mahasiswa untuk memanfaatkan akun media sosial dalam mendukung pemilihan umum 2024. 

"Hari ini momen sudah berubah, bangun tidur, bukan nya mandi, ibadah, tapi tengok handphone. Saya mengajak mahasiswa untuk berliterasi yang baik dan benar, jangan menimbulkan hoax atau berita bohong," kata Alnofrizal. 

Lebih lanjut dikatakan alnofrizal, pemilu tidak hanya memberikan suara. Tanggung jawab kita saat ini sampai kepada pengawasan sehingga menghasilkan pemimpin eksekutif dan legislatif yang ideal dan amanah.

Oleh karen itu dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Agreement/ MoA antara Program Studi Administrasi Publik FIA UNILAK dengan Sekretariat Bawaslu Provinsi Riau.